Monday, April 7, 2008

The Milestone (Zee 0-9 months)

1st month : it's all about sleeping, waking up crying for feeding and diaper change. Cuma bisa pandang-pandangan waktu mimiin zahwa.

2nd month : more or less the same as the first month. sering bunda taruh bobo tengkurep.

3rd month : the colic month! Zee mulai bisa bikin bunyi-bunyian "wa wa wa" atau "ooh aah". Lucu sekali! She's a very calm baby during the day. Listening to bunda's singing and playing with her toys, BUT when the night falls... be prepare for an hour (sometimes two or three hours) of endless cry. Nothing can soothe her. Zee bakal dioper dari bunda ke mama ke ateu ke papa balik lagi ke bunda lalu ke mama akhirnya ke bunda lagi dan setelah lelah menangis, zee pun tidur. (Kasian :( )
Setelah satu bulan lamanya, akhirnya syaraf-syaraf pencernaan zee pun mulai tersambung dengan baik. Zee mulai belajar duduk. Kalo tangannya dipegang sama bunda, zee bisa ngangkat badannya ke posisi duduk.

4th month : awal-awal masih ada sisa-sisa kolik ini. Kadang masih suka nangis keras-keras pas magrib, tapi intensitasnya berkurang drastis. Tidak sesering bulan ketiga. Semakin sering bikin bunyi-bunyian dan udah bisa merespon kalo dipanggil "Zee" atau "Zahwa". Sudah mulai tersenyum, kadang suka melamun (ngeliatin langit atau daun yang bergoyang ditiup angin), suka memperhatikan orang-orang. Kebiasaan: begitu mobil jalan langsung bobo (kebiasaan dari baru lahir). Berangkat ke singapur. Makin sering ngangkat kepala (kayak orang sit up).

5th month : bisa tengkurep! kalo ditaruh ke posisi duduk masih goyang ke depan-belakang, tapi akhirnya bisa duduk untuk 1-2 detik lalu jatuh lagi.

6th month : sekarang udah lancar banget tengkurepnya. mulai bisa guling2 kiri-kanan. mulai bisa duduk lama!

7th month : duduk udah oke dong. ngga sempoyongan lagi :). mulai coba2 posisi merangkak tapi belum bisa maju.

8th month : merangkak pertama kali pas ulang tahun papa! mungkin sebagai hadiah ulang tahun :). empat hari kemudian bunda dapet "hadiah": Zahwa berdiri sambil pegangan ke kasur untuk pertama kalinya! Subhanallah...

9th month : senyum tanpa giginya bikin hati meleleh.... cantik! mulai bisa jalan kalo dipegangin tangannya. bisa jalan sambil pegangan ke pinggir kasur. senengnya mainin kaset, masukin apa aja ke dalam mulut, naruh barang2 ke lantai, berceloteh "tatatata...." atau mulutnya bunyi2 apaaa aja (mulai cerewet nih!), mainin ludah. mulai bisa niup2 sambil memonyongkan mulut. kalo ngga mau disuapin sendoknya dipukul, atau bibirnya dimonyongin. tertarik sama apa pun. seneng banget kalo diajak bercanda. ketawanya itu lho... gemess!!

Nah, bulan2 ke depan apa lagi kebisaan zahwa ya?

No comments: